pengesahan proses pengesahan badan hukum koperasi

POKOK-POKOK PROSES PENGESAHAN 
BADAN HUKUM KOPERASI

1. Dasar Hukum  antara lain :
-  Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang   Perkoperasian.
-  Peraturan  Pemerintah  Nomor  4  Tahun  1994  tentang
Persyaratan dan   Tata  Cara  Pengesahan  Akta  Pendirian  dan
Perubahan  Anggaran  Dasar  Koperasi.
-  Peraturan Menteri Nomor 01 Tahun 2006 yaitu   tentang
Petunjuk  Pelaksanaan  Pembentukan,  Pengesahan  Akta  Pendirian
dan Perubahan  Anggaran  Dasar Koperasi.
2. Koperasi  sebaiknya  dibentuk  oleh  sekelompok  orang/anggota
masyarakat  yang  mempunyai  kegiatan  dan  kepentingan  ekonomi
yang sama.
3. Sebelum  mendirikan  koperasi,  sebaiknya  didahului  dengan
penyuluhan  tentang  perkoperasian  agar  kelompok  masyarakat  yang
ingin  mendirikan  koperasi  tersebut  memahami  mengenai
perkoperasian,  sehingga  anggota  koperasi  nantinya  benar-benar
memahami  nilai  dan  prinsip  koperasi  dan  paham  akan  hak  dan
kewajibannya sebagai anggota koperasi (Pasal 3 dan Pasal 4)
POKOK-POKOK PROSES PENGESAHAN
BADAN HUKUM KOPERASI
4.   Proses  pendirian  koperasi  dimulai  dengan  pelaksanaan  Rapat
Pembentukan  Koperasi  dimana  untuk  Koperasi  Primer  sekurangkurangnya  dihadiri  oleh  20  orang  anggota  pendiri,  sedangkan  untuk
Koperasi  Sekunder  sekurang-kurangnya  dihadiri  oleh  3  (tiga)
koperasi melalui wakil-wakilnya (Pasal 5  Ayat  1).
5. Rapat  pembentukan  koperasi  tersebut  dihadiri  oleh  Pejabat
Dinas/Instansi/Badan  Yang  Membidangi  Koperasi  setempat  sesuai
domisili anggota  (Pasal 5  Ayat 3), dimana kehadiran  pejabat  tersebut
bertujuan  antara  lain  untuk  :  memberi  arahan  berkenaan  dengan
pembentukan  koperasi,  melihat  proses  pelaksanaan  rapat
pembentukan,  sebagai  narasumber  apabila  ada  pertanyaan
berkaitan  dengan  perkoperasian  dan  untuk  meneliti  isi  konsep
anggaran  dasar  yang  dibuat  oleh  para  pendiri  sebelum  di”akta”kan
oleh  Notaris  Pembuat  Akta  Koperasi  setempat.  Selain  itu  apabila
memungkinkan  rapat  pembentukan  tersebut  juga  dapat  dihadiri  oleh
Notaris  Pembuat  Akta  Koperasi  yaitu  Notaris  yang  ditetapkan
melalui  Keputusan  Menteri  Negara  Koperasi  dan  UKM  untuk
membantu  membuat/menyusun  akta  pendirian,  perubahan  anggaran
dasar dan pembubaran koperasi.
6.  Dalam Rapat Pembentukan akan dibahas mengenai  Anggaran
Dasar Koperasi yang memuat antara lain (Pasal 5  Ayat  5) :
-  Nama dan tempat  kedudukan
-  Maksud dan tujuan
-  Jenis koperasi dan Bidang usaha
-  Keanggotaan
-  Rapat  Anggota
-  Pengurus, Pengawas dan Pengelola
-  Permodalan, jangka waktu dan Sisa Hasil Usaha.
7.  Pembuatan  atau  penyusunan  akta  pendirian  koperasi
tersebut  dapat  dibuat  oleh  para  pendiri  (dalam  hal  di  wilayah
setempat  tidak  terdapat  NPAK)  atau  dibuat  oleh  Notaris
Pembuat  Akta  Koperasi (Pasal 6  Ayat  1).
8.  Selanjutnya  Notaris  atau  kuasa  Pendiri  mengajukan
permohonan pengesahan secara tertulis kepada pejabat yang
berwenang dengan dilampirkan (Pasal 7 ayat (1) :
• 2 (Dua) rangkap salinan akta pendirian bermeterai cukup.
• Data akta pendirian  koperasi yang  dibuat dan ditandatangani  Notaris.
• Surat  bukti  tersedianya  modal  yang  jumlahnya  sekurang-kurangnya
sebesar  simpanan  pokok  dan  simpanan  wajib  yang  wajib  dilunasi  oleh
para pendiri.
• Rencana kegiatan usaha minimal tiga tahun ke depan dan RAPB.
• Dokumen lain yang  diperlukan  sesuai peraturan perundang undangan.
9. Pejabat yang berwenang akan melakukan :
-  Penelitian terhadap  materi  Anggaran  Dasar yang
diajukan (Pasal 8  Ayat  2),
-  Pengecekan  terhadap  keberadaan  koperasi  tersebut
(Pasal 8  Ayat  2).
10.  Apabila  permohonan  diterima  maka  pengesahan  selambat
lambatnya  3  (tiga)  bulan  sejak  berkas  diterima  lengkap  (Pasal  9
Ayat  2).
11.  Jika  permohonan  ditolak  maka  Keputusan  penolakan  dan
alasannya  disampaikan  kembali  kepada  kuasa  pendiri  paling
lama 3 (tiga) bulan sejak permohonan diajukan (Pasal 12  Ayat  1).
12.  Terhadap Penolakan, para pendiri dapat mengajukan permintaan
ulang  pengesahan  akta  pendirian  koperasi  dalam  jangka  waktu
paling  lama  1  (satu)  bulan.  Keputusan  terhadap  permintaan
ulang  tersebut  diberikan  paling  lambat  1  (satu)  bulan  (Pasal  12
Ayat  2)